Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

Menu Makan Siang Yang Kurang Sehat


Sebagai manusia normal makan adalah kebutuhan utama. Bukan cuma sarapan yang harus dilakukan, makan siang pun tidak kalah pentingnya. Makan siang penting untuk menopang energi agar tubuh kuat beraktivitas. Namun menurut Third Age ternyata tidak semua menu makan siang menyehatkan. Ada menu yang dianggap tidak menyehatkan yang harus dihindari ketika makan siang. Berikut menu-menu yang harus dihindari tersebut :

Junk food

Junk food atau makanan sampah semacam burger dan kentang goreng untuk makan siang mungkin mengenyangkan. Akan tetapi jelas tidak menyehatkan. Kandungan kolesterol dan lemak didalamnya tidaklah baik untuk kesehatan. Jadi sebaiknya junk food anda hindari sebagai menu makan di siang hari.

Energy bar
Energy bar atau bahasa kampungya camilan yang bisa menahan lapar bagi perut. Namun namanya camilan, energy bar jelas tidak cocok dikonsumsi sebagai menu utama makan siang. Sebelum makan malam tiba, Anda pasti sudah kelaparan jika hanya menikmati energy bar.



Pizza
Makanan asli Italia ini juga tidak baik untuk konsumsi di siang hari. Seiris pizza mengandung 500 kalori dan 20 gram lemak, suatu jumlah yang terlalu banyak untuk diserap tubuh.Bahan-bahan yang digunakan pun biasanya adalah keju olahan, tepung putih, dan saus yang penuh gula. 

Sandwich
Sandwich atau roti isi yang dijual instan juga termasuk menu makan siang yang paling tidak menyehatkan. Selain bahan-bahan yang digunakan cenderung mengandung lemak, kolesterol, dan pemanis buatan, sandwich juga tidak segar.

Smoothie
Minuman lezat dari buah-buahan dan sayur berupa smoothie memang menyehatkan. Di dalamnya mengandung serat dan protein tinggi. Akan tetapi porsi smoothie tidak cukup membuat Anda kenyang sampai waktu makan malam. Jadi jangan mengonsumsi smoothie saat makan siang.

Biskuit keju
Penelitian menyebutkan bahwa makan siang harus dinikmati dalam porsi besar jika ingin menurunkan berat badan. Namun jika banyak mengonsumsi biskuit keju saat makan siang, berat badan justru bisa membengkak. Sebab biskuit keju kebanyakan terlalu banyak mengandung lemak, garam, dan zat aditif lainnya.

Itulah berbagai menu makan siang yang paling tidak menyehatkan. Lebih baik makan nasi, lauk pauk, sayur, dan minum air putih yang banyak. Untungya kebanyakan masyarakat Indonesia tidak terlalu familiar dengan menu-menu diatas kecuali di perkotaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Aziz Fauzan Nur Rosyid. Diberdayakan oleh Blogger.