Pages

Kamis, 11 Oktober 2012

ITS Kembangkan Mobil Sapu Angin Seri Terbaru

Meski sudah meraih prestasi tingkat nasional maupun Asia, mahasiswa Tim Sapu Angin Intitut Sepuluh November Surabaya (ITS) masih akan mengembangkan salah satu kendaraan inovasinya menjadi terbaik Se-Asia.
Manager Sapu Angin 6, Alam Eka Putra mengungkapkan, mobil Sapu angin 6 seri Paijo generasi 3 sudah memeiliki kemampuan hebat. Dengan spesifikasi kendaraan 65 CC, berat kendaraan 38 Kg, dengan kecepatan 70 sampai dengan 80 Km/Jam. Dengan jarak tempuh menggunakan 1 liter Gasoline mencapai 267 Km.

Sedankan rekor asia saat ini dipegang oleh Thailand denga jarak tempuh 2.000 Km.

Sehingga para mahasiswa teknik mesin ini termotivasi mengalahkan rekor tersebut. Dengan melakukan inovasi pada Sapu Angin 6 seri Paijo generasi 4.
“Generasi ke empat ini kita kembangkan agar memiliki kemampuan lebih, mulai jarak tempuh dan kecepatanya dapat lebih baik lagi. Dan kami sangat termotivasi untuk mengalahkan rekor yang dipegang Thailand,” ungkap mahasiswa semester VI ini.

Menurutnya, Tim Sapu Angin ITS ini sudah memilik 7 seri kendaraan inovasi. Salah satunya jenis Sapuangin 7 yang sebelumnya juga sudah dikembangkan dan meraih prestasi meraih rekor asia dan hingga saat ini belum terkalahkan.
Kendaraan ini memiliki berat kendaraan 150 Kg. Kapasitas engine 210 CC, kecepatan maksimal 60 Km/jam, berbahan bakar Fame, dan dengan bahan bakar 1 liter mampu menempuh jarak 167 KM.

Sedangkan prestasi tim sapu angin ini adalah Juara 1 Urban Gasoline diajang Grand Prize urban Consept internal Combustion Engine sajak 2010 hingga 2012. Serta prestasi di Shell Eco Marathon Asia.

“Kami masih mengembangkan Paijo ke-4 agar dapat meraih rekor asia. Semoga dengan ikut pekan raya Semen Gresik ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat. Asalkan kita mau dan berusaha pasti bisa,” ungkap mahasiswa Asli dari Kabupaten Gresik ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Aziz Fauzan Nur Rosyid. Diberdayakan oleh Blogger.